cara memilih ikan koi yang bagus

Ikan koi sama halnya dengan ikan mas biasa lainnya. Cara pemeliharaannya pun tidak berbeda dengan ikan-ikan lainnya. Hanya saja ikan hasil kawin silang seperti koi biasanya tidak memiliki daya tahan tubuh seperti induk aslinya. Ikan koi juga dipelihara bukan dengan tujuan untuk pembesaran tapi untuk dinikmati keindahannya. Ada tiga hal dasar yang menjadikan ikan koi peliharaan kita menjadi cantik dan sehat dengan penampilan yang menarik.

Cara agar ikan koi memiliki tampilan yang cantik adalah :
  • Kualitas air dimana ditentukan oleh tingkat Ph, suhu, zat besi serta amoniak.  
  • Makanan baik lokal maupun impor harus dipilih yang sesuai dengan jenis koi yang dipelihara. Tapi, bila punya cukup waktu luang, Anda juga bisa meracik sendiri dengan nilai gizi yang tinggi. Makanan koi biasanya terdiri dari tiga macam: wheatgerm, spirulina, dan daily.
  • Pemilihan bibit ikan koi yang paling baik adalah yang berasala dari indukan asli negara Jepang. Tapi sekarang ini sudah cukup banyak toko dan peternakan koi yang menjual bibit impor. Apalagi sebagian dari mereka sudah berhasil menyilangkan dengan koi lokal. Kualitasnya pun tentu tidak kalah dengan kualitas koi impor.

Jadi jika Anda sudah tertarik untuk ikut memelihara ikan koi maka persiapan yang mesti dilakukan adalah mempersiapkan dimensi kolam. Perhatikan dimensi kolamnya dimana volume air sangat mempengaruhi kesehatan ikan koi. Ukuran ikan koi yang tidak terlalu besar sebaiknya dibuatkan kolam ikan yang tidak terlalu dalam. Perhatikan pula jumlah banyaknya ikan di dalam kolam. Sebaiknya seimbangkan luas kolam dengan jumlah ikan koi yang akan dipelihara dalam kolam karena kolam yang ukurannya terlalu besar bisa menyebabkan ikan koi berebut makan. Sifat ikan koi yang suka menggesekkan badannya kepada dinding bagian kolam juga perlu dipertimbangkan. Dinding kolam yang kasar bisa menyebabkab sirip ikan koi terluka dan mengurangi daya tarik penampilannya. Maka pilih jenis material kolam yang halus pada dinding kolam ikan seperti keramik.

Postingan Populer